Notulensi Bklass Menyapa Saintek (27 Maret 2016)

*ILMU GIZI*
[27/03 15:14] Mualimah Arum S: ‘kak, perbedaan 3 konsentrasi di ilmu gizi tadi apa ya?’
Gizi Klinis lebih ke diet (pola makan) pada pasien
Gizi Institusi ke penyelenggaraan makanan masal
Gizi Masyarakat lebih ke pelayanan gizi untuk masyarakat secara umum, bukan masalah per individu

*Fakultas Kedokteran Gigi*

[27/03 15:16] galangbagasputra: Kalau di fkg bisa ambil pendidikan kedokteran gigi gak? Terus itu langsung ambil jurusan pendidikan kedokteran apa gimana kak?
Jadi alurnya gini dek masuk Fkg => prodi Pendidikan dokter gigi => lulus s1 => koas => lulus profesi=> dapat gelar drg
Nah itu kalau mau lanjut bisa s2 bisa juga spesialis

*Fakultas Peternakan*
[27/03 15:20] galangbagasputra: Kak mau tanya dong. Ada yang dari perternakan gak?
Bagi cerita dikit dong kak. Aku bayangin peternakan tu mesti megang hewan gt gt kak. Bener ga sih?
Peternakan itu pasti megang hewan, karena mereka harus tau anatomi dan fisiologinya juga dan hal-hal lain terkait hewannya. Buktinya ada kandang di fakultas peternakan yang digunakan untuk praktikum..
Belajar juga cara pengolahan hasil-hasil ternak sperti daging, susu, telur dll.
Belajar juga mengenai pakan, desain kandang, belajar juga tentang perekonomian dan sosiologi peternakan

*Teknik Informatika*
[27/03 15:20] galangbagasputra: Kak kalo teknik informatika itu ngapain aja ya ? Kuliahnya yang dipelajari apa aja ?
Teknologi Informasi itu tentang buat sistem komputasi sama pemrograman berskala kecil maupun besar. Sama pengolahan sinyal informasi

*Ilmu komputer – Teknik Informatika*
[27/03 15:23] ‪+62 823-2209-xxxx‬: Perbedaan yg lbh spesifik antara ilkom sama informasi apa kak?
[27/03 15:58] Mbak Afifah: Kalau teknologi informasi (TI) lebih ke programming. Jadi dia bisa masuk kemana mana, kayak web, jaringan, telekomunikasi, game dsb
Ilkom mungkin lebih spesifik ke teknologi komputer kali ya, hardware komputer dkk
[27/03 15:58] ‪+62 823-2209-xxxx: Kalo ilmu komputer malah lbh ke hardware to kak? Enggak kebalik?
[27/03 15:59] Mbak Afifah: http://tatok.blog.ugm.ac.id/2011/11/17/beda-teknik-informatika-teknologi-informasi-ilmu-komputer/
👆🏻 beliau dosen teti dek. Dari blog tersebut “Tidak dapat disangkal antara disiplin Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer terdapat overlap yang cukup besar. Keduanya membicarakan domain yang sama. Perbedaan antara Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer adalah pada fokus penekanan bidang kajian. Teknologi Informasi berakar pada paradigma kerekayasaan (engineering) yang bertujuan “mengembangkan cara-cara” dalam lingkup pengelolaan data dan informasi. Teknologi Informasi mencakup bidang kajian teknologi komputer dan juga penerapan dan pemanfaatannya sebagai alat bantu dalam penyelesaian persoalan-persoalan yang ada (applied perspective). Pendorong (driver) Teknologi Informasi adalah persoalan atau kebutuhan nyata dalam masyarakat. “

*Pertanian*
[27/03 15:22] Saintek Anditya Nari Irawan: Kalo Di pertanian itu tentang apa aja kak Yg di pelajari
[27/03 15:23] Mas Gery: Dipertanian itu belajar banyak dek tidak hanya tanaman secara biologi tapi juga geografi, ekonomi, sosiologi, fotografi, dll. Kalau mau lebih jelas mengenani pertanian bisa download kurikulumnya di www.faperta.ugm.ac.id Untuk teman-teman yang lain kalau merasa belum jelas mengenai prodi yang akan di daftar kelak bisa baca-baca kurikulumnya.

*Kehutanan*
[27/03 15:24] Saintek Anditya Nari Irawan: Kalo perhutanan kak?
[27/03 15:25] Mas Gery: Perhutanan itu mengenai pohon kalau pertanian itu tanaman. Tapi perhutanan juga belajar juga satwa-satwa liar yang ada di hutan. Serta konsevasi dan pengolahan hasilnya

*Psikologi*
[27/03 15:25] Saintek Endah Puspita Sari: Mau tanya kak kalau di psikologi itu habis lulus emang belum bisa kerja to kak? Jadi gak usah kuliah lagi buat profesi?
[27/03 15:34] Mbak Afifah: S1 fakultas psikologi, nanti kita dapet gelar S.Psi atau sarjana psikologi. Nah bisa kerja kok. Di perusahaan bagian HRD, di RS, di perusahaan apapaun tetapi status kita belum psikolog, jadi belum bisa berwenang ngetes IQ atau melakukan hal-hal lain yang biasa dilakukan psikolog. Tapi kita sudah bisa kerja layaknya lulusan sarjana lainnya.
Kalau mau jadi psikolog, habis S1 langsung lanjut Magister Profesi (S2) ada beberapa bidang seperti Psikologi Industri Organisasi, Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Psikologi Sosial… Baru gelarnya psikolog dan kesempatan kita jadi lebih banyak, bisa bikin praktik juga. Istilahnya kaya dokter gitu, dia belum bisa dikatakan dokter sebelum menempuh profesi dokter…

Semoga membantu :))

*Persiapan SBMPTN*
[27/03 15:29] Anita Dian Mayasari: Kak mau tanya, menurut pengalaman kakak persiapan SBM lebih efektif kalau kita belajar sendiri apa dibantu sama bimbel?? Makasih
Kalo menurut aku dua duanya perlu dek. Belajar sendiri itu fungsinya biar kita paham dgn sendiriny sama materi. Kalo bimbel itu membantu memperdalam apa yg kita pelajari
[27/03 15:30] Mbak Afifah: Tipe belajar orang berbeda-beda dek. Kalau aku lebih bisa belajar sendiri. Coba kenali tipe belajar kamu dek, lebih efektif ketika belajar sendiri atau bareng-bareng di bimbel gitu 🙂
[27/03 15:32] Saintek Linda Stefani: Oo gtu,, makasih kak.. kynya jd pejuang sbm sungguh berat 😀
[27/03 15:42] galangbagasputra: Enggak kok dek, aku dulu juga pejuang sbmptn, semangat aja, ikhlas dan berdoa jgn lupa hehe

*Kedokteran Umum – Kedokteran Gigi*
[27/03 15:47] ‪+62 896-2285-xxxx‬: Kak pendidikan dr umum sama dr gigi lama mana ya? terus pendidikannya lebih sulit mana? Makasih
[27/03 16:05] Mbak Afifah: keduanya sama-sama butuh koas dek.
Dan lama pendidikan di UGM s1 untuk seluruh jurusan rata-rata 4 tahun.
[27/03 16:43] Mbak Afifah: Ini kalau pendidikan kedokteran umum kalo dr itu 3.5 tahun S.Ked trus harus internship sama coass baru dapet surat ijin praktek. Total sampe boleh praktek 6.5 th, tapi itu masih umum. Kalo mau spesialis harus sekolah lagi hehe
[27/03 16:07] ‪+62 896-2285-xxxx: Kalau fisikanya lebih dominan di dr gigi apa dr umum kak afifah?
[27/03 16:08] Mas Gery: Fisika di kedokteran itu semuanya hanya sebagai pengantar saja dek
[27/03 16:09] ‪+62 896-2285-xxxx‬: Oh jadi yg dominan cuma biologi sama kimia ya?
[27/03 16:09] Mas Gery: Iya dek, dominan kimia sama bio. Tapi intinya semua ilmu itu menuntut daya analitis tinggi berfikir kritis. Jadi mau prodi di manapun sama saja hal itu mutlak diperlukan.
[27/03 17:24] ‪+62 896-2285-xxxx‬: Kak fku sama fkg peminatnya banyakan yg mana?
[27/03 17:29] galangbagasputra: Bangak FK dek

*Farmasi*
[27/03 16:09] Mbak Afifah: Mas mbak, bisa share pengalaman kuliah di farmasi? Lebih banyak kimianya atau biologinya?
Jadi, anak farmasi itu menghubung antara anak kedokteran dengan anak kimia. Kita menerjemahkan bahasa kimia menjadi bahasa biologi~ ini kata dosenku.
Di awal semester masih banyakan kimia dek, tapi menurutku tetep dominan keduanya. Karena selain mempelajari struktur obatnya. Kita jga mempelajari efek obat kimia itu pada tubuh (biologi)

*Farmasi – Kedokteran*
[27/03 16:12] Shinta Elvina: Kalo praktikumnya lebih banyak farmasi atau kedokteran?
[27/03 16:14] Mas Gery: Bedanya anak farmasi sama anak-anak fakultas kedokteran itu kalau fakultas kedokteran sistemnya blok kalau farmasi sistemnya sks dek.
[27/03 16:26] Saintek Siwi Kurnia: Bedanya sistim sks sama blok itu gimana kak?
[27/03 16:45] Mbak Afifah: Jadi sistem blok itu ga bisa bebas milih. Sudah ditentukan dri fakultas dri awal-akhir, kayak sks paketan. Kalau sks, bebas milih. Kalaupun ada paketan, masih bisa nambah gitu sks sampai batas maksimal pengambilan sks.

*Akuntansi*
[27/03 16:12] Saintek Ayu Nuraini: Mas mbak bisa share pengalaman kuliah di akuntansi?
[27/03 16:15] galangbagasputra: Akuntansi menyenangkan dek, gak ada praktikum hehe. Kehidupannya juga gak terlalu sibuk dalam perkuliahan dek, mungkin pada sibuk di luar organisasi. Akuntansi tuh bahasa dalam bisnis dek. Jadi kita membuat laporan dan jadi konsultan buat manager dalam membuat keputusan :))
[27/03 16:18] Saintek Ayu Nuraini: Kerjanya itu gmn sih kak? masih bingung :v
[27/03 16:22] galangbagasputra: Kerjanya nanti membuat laporan keuangan dek. Ngitung uang yg bukan uang kita -.- Hehe. Intinya ngitung keluar masuknya uang dalam perusahaan dek. Ngitung uang yg bkn uang kita :’v
Tapi gak megang uang langsung dek, cuma di laporan 😂

*Dosen-Dosen UGM*
[27/03 16:40] Shinta Elvina: Mas mbak, dosen-dosen UGM orangnya gimana? Asik apa enggak?
[27/03 16:43] Mas Taufik: Wah beda beda dek. Dalam satu prodi aja sifat dosen beda beda
[27/03 16:45] Shinta Elvina: Ya yang dikenal sama masnya aja… lebih banyak yang asik atau killer?
[27/03 16:45] Mas Taufik: Dosen yang killer itu jarang kok dek. Di jurusanku malah beberapa dosen udah menjamin mahasiswa dapet nilai A. Asal mahasiswa nya gak bermasalah aja

*Jurusan non fisika*
[27/03 16:55] ‪+62 857-4313-xxxx‬: Jurusan yg gada fisikanya apa ya mas? 😅
[27/03 16:56] Mas Taufik: Jurusan saintek tapi ga ada fisika?
[27/03 16:56] ‪+62 857-4313-xxxx‬: Iyaaaa 😅
[27/03 16:56] Mas Taufik: Biasanya ada walaupun cuma satu semester
[27/03 16:56] ‪+62 857-4313-3172‬: Yang fisikanya sedikit gitulah mas
[27/03 16:56] Mas Taufik: Jurusan-jurusan di fakuktas pertanian. Kalau yang di teknik tapi fisikanya dikit itu geologi, arsitektur, pwk
[27/03 16:59] Mbak Afifah: Farmasi, dikiiit~ Cuma mengembangkan titik leleh, titik didih, termodinamika, gitu, hehe. KU itu ada dikiiiit banget fisika masuknya ke fisiologi

*Arsitektur*
[27/03 16:58] Saintek Assabila Siti F: Serius arsi fisika nya dikit doang?
[27/03 16:59] Anita Dian Mayasari: Arsitek lebih ke tugas besarnya gambar dek
[27/03 17:02] Mas Taufik: Iya dek. Kalau di kurikulum arsi ugm cuma fisika bangunan sama mekanika teknik

*FMIPA*
[27/03 16:59] Shinta Elvina: Kalo FMIPA itu gimana mas,mbak?
[27/03 17:00] Mas Arrijaal: FMIPA itu kebanyakan jurusannya ilmu murni
Seperti matematika, fisika, kimia. Tapi ada yg terapan juga di FMIPA seperti elins dan ilmu komputer. Di FMIPA walaupun di kimia juga dapat materi fisika hehe
[27/03 17:02] Shinta Elvina: Elins itu apa?
[27/03 17:03] Mas Arrijaal: Elins ( elektronika dan instrumentasi ) dek
[27/03 17:05] Shinta Elvina: Kalo di dunia kerja, kira kira lebih dibutuhkan yang mana, lulusan kimia murni atau biologi murni?
[27/03 17:09] Mas Taufik: Masing masing udah ada prospek nya masing masing dek. Biasanya di divisi RND perusahaan

*Teknik*
[27/03 17:05] Kiky pradina yunior: Kak yg teeknik yang paling banyak ngitung apa ya?
[27/03 17:08] Mas Taufik: Ngitung… Sebenernya bukan ngitung kali ya. Tapi analisis.
Kalau aku di Teknik Mesin, 7 semester ada matematika semua

*Teknik Sipil*
[27/03 17:19] Anita Dian Mayasari: Kak ada yg bilang kalo anak sipil itu paling jarang di rumah karna tugasnya banyak banget bener ga sih?
Iya dek. Kalo disipil itu yg berat tugas kelompoknnya. Makannya sering ke kampus ato tempat lain gitu buat ngerjain tugas bareng
[27/03 17:12] Mas Taufik: Jarang di rumah karena ga pulang dek? Haha
Itu sih tergantung orang nya mau pulang engga.
Tapi kalau tentang sipil tugasnya banyak itu bener
[27/03 17:12] Yoga Desfian: Ya tergantung sih dek , kalo sipil tugas nya kelompok ya jarang di rumah. Soal nya kebanyakan tugas kelompok
[27/03 17:19] Mas Taufik: Tapi kalau rumahnya luas bisa ngerjain di rumah dek

*Filsafat*
[27/03 17:25] Saintek Assabila Siti F: Ada yg bilang lagi kalo anak filsafat di ajak ngomong kadang ga nyambung. Nah bener ga tuh kak😁 kalo bener gara2 apa😁
[27/03 17:26] Mas Taufik: Engga juga kok dek. Filsafat itu merupakan sumber dari segala ilmu. Belajar filsafat bisa dibilang berpikir secara kritis tentang segala hal.
Yang dipelajari? Banyak. Salah satu ahli berkata bahwa, filsafat itu mempelajari secara mendalam tentang Tuhan, Manusia, dan Alam. Bidang yang dipelajari banyak juga, seperti etika, hukum, ekonomi, sospol, religi, budaya, iptek, psikologi, logika, dlsb.
[27/03 17:34] Saintek Assabila Siti F: Wihh😁 makasih kak😁

*Kedokteran Umum*
[27/03 17:09] ‪+62 858-7879-xxxx‬: Kak? Share pengalaman di FKU dong kak … Gimana habis diterima di FKU, ya all about FKU kak… Hehehe 😁
[27/03 17:35] Mbak Afifah: Waaa perjuangan di FK tuuuh. Harus belajar bener2, harus pinter2 bagi waktu mana yang harus dilakuin duluan mana yang bisa ditunda. Harus tau cara belajar yang bener gimana. Banyak2in kepoin temen2 pinter dan dosen (Tita, 2016) hehe
Sistem blok itu gimana?
Sistem blok kalo di FK itu per 6 minggu. Tiap blok menghabiskan waktu 6 minggu, 1 blok bahas 1-2 sistem tubuh. Nanti kuliah aktif itu minggu ke 1-4, minggu 5-6 udah mulai ujian praktek (responsi) trus nanti ada ujian akhir blok di minggu ke 6. Ujian akhir blok itu kayak meliputi semua lecture. Kalo responsi cuma praktikum doang
[27/03 17:46] galangbagasputra: Internship itu gimana? Itu udah sah jadi dokter?
Belom sah jadi dokter karena belon sumpah, internship itu kayak kerja di rs atau di puskesmas gitu deh
[27/03 17:36] ‪+62 857-4313-xxxx: Taun ini kuota fk & fkg nambah ga ?
[27/03 17:49] galangbagasputra: Kalo FK turun dek
[27/03 17:50] ‪+62 857-4313-xxxx‬: Kenapa malah turun kak 😅?
Lulusan FKU skrg harus diwajibkan ambil spesialis nggak sih kak?
[27/03 17:53] Mas Gery: Naik turunnya kuota penerimaan mahasiswa itu tergantung kebijakan dari fakultas dek, mempertimbangkan rasio dosen dan mahasiswa. Lulusan FKU untuk spesialis itu opsional tapi denger2 sekarang itu kalau yang ikut program bpjs di sarankan ambil spesialis dokter layanan primer

*d3 Teknik Sipil – d4 teknik pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur sipil*
[27/03 17:49] ‪+62 858-6847-xxxx: Kak bedanya d3 teknik sipil sama d4 teknik pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur sipil apa ya ?
[27/03 17:52] Anita Dian Mayasari: Sebenernya materinya sama dek. Cuman beda tahunnya.
Kalo d3 itu belajar untuk membuat, merangcang bangunan. Nah kalo d4 itu belajar membuat, merancang sm memelihara. Pastikan setiap bangunan perlu dipelihara biar gak cepat rusak. Nah itu alasan didirikan d4

*TPHP*
[27/03 17:58] Saintek Laili Annisa D: Kak bagi pengalaman tentang tphp dong hehe
[27/03 18:01] Mas Gery: TPHP itu belajar mengenai pengolahan hasil pertanian dek, tidak hanya dalam bentuk pangan saja tapi juga kadang bahan-bahan industri, di TPHP UGM bisa milih konsentrasi studi juga dek. Seperti contohnya bakery, jadi anak TPHP juga belajar namanya satuan operasi nah disitu belajar bagaimana produk yang kita hasilkan bisa di produksi secara industri besar,butuh hitungan
[27/03 18:04] Mualimah Arum S: Nah yang di pelajari lebih mendalam ttg kimia biokimianya pangan, terus. Disana juga mempelajari pengetahuan bahan pangannya dek, trus juga di semester agak akhir mempelajari juga ilmu gizi tapi sedikit

Notulensi Bklass Menyapa Saintek (27 Maret 2016)

Leave a Reply