Notulensi Bklass Menyapa Soshum (26 Maret 2016)

*FAKULTAS FILSAFAT*
[26/03 21:33] Sheila Fita A: Kak kalau filsafat itu bagaimana ya?
Itu jurusannya mempelajari tentang apa?
Terimakasih kak..
Filsafat itu merupakan sumber dari segala ilmu. Belajar filsafat bisa dibilang berpikir secara kritis tentang segala hal. Yang dipelajari? Banyak. Salah satu ahli berkata bahwa, filsafat itu mempelajari secara mendalam tentang Tuhan, Manusia, dan Alam. Bidang yang dipelajari banyak juga, seperti etika, hukum, ekonomi, sospol, religi, budaya, iptek, psikologi, logika, dlsb. Kita ada cabang filsafat khusus: fils manusia. Ada jg akal budi. Klo d psikologi, cm teori jiwa. Tp klo d filsafat mmpertanyakan arti drpd manusia itu sndri. Dmn jiwa tercakup di dalamnya
[26/03 21:34] ‪+62 896-0806-xxxx‬: Apakah filsafat itu harus pandai berbicara ya mbak?
Enggak dek, di filsafat itu yang terpenting kita punya semangat keingintahuan (kepo)
[26/03 21:43] ‪+62 896-0806-xxxx: Berarti belajar kritis ya mbak?
Mahasiswa secara umum emang dituntut untuk lebih kritis dek hehe

*FAKULTAS PSIKOLOGI*
[26/03 19:34] Btari Aktrisa Yara: Okaaay… Untuk tmbahan pngtahuan aja. Semisal ada yg bertanya2 dalm hati, kok psikologi di UGM masuknya fakultas sendiri dan soshum.. Kok di UNS masuknya FK alias saintek, di UNPAD jg masuknya saintek… Jd sebenernya psikologi ipa apa ips ya?
Jawabanya adalah… Jreng 🎉🎉
Ilmu Psikologi merupakan ilmu yg mempelajari proses mental dan perilaku manusia. Semua ttg manusia kita pelajarin. Jadi kita belajar biologi (disini namanya biopsikologi), komunikasi, sosial, imtervensi/terapi, tes IQ, statistika, dsb. Jadi kita belajar IPA-IPS semuanya hehehe.. Trus knp kalau psikologi di UGM masuknya soshum? Krn kata dosen saya, psikologi ugm wktu awal ada itu fokusnya ke bidang sosial dan emg kita banyak bergeraak di bidang ssosial. Jadi psikologi kaya kedokteran ips gitu. Ya menurut saya, mau masuk klaster soshum atau saintek, psikologi dimana2 belajarnya sama kok 😉 berkutat ttg manusia..
Buat tambahan informasi sj smoga mencerahkan hehe

*FAKULTAS HUKUM*
[26/03 19:13] ‪+62 856-4725-xxxx‬: Bener ga sih kak kalo jurusan ilmu hukum itu banyak hafalannya? Apa kita di tuntut untuk hafal undang2? Sedangkan bahasa undang2 itu rumit bgt.
Ilmu hukum cukup banyak hafalan tp UU gak harus hafal kok, cukup mengerti aja inti”nya ~
Nanti kalau udah masuk akan terbiasa juga kok . Soalnya tingkatan bahasa dr SD-SMP-SMA-Mahasiswa-Dosen-Penelitia pasti beda dan teman” nanti akan bisa survive dan adaptasi dengan sendirinya.
26/03 19:17] ‪+62 856-4725-xxxx: Kemaren sekilas baca katanya hukum ada hitungannya , nah hitungan dalam hukum itu kyk gimana ya kak?
Kata kakakku yg pernah di FH, umumnya hitungan ringan yg berkaitan dg hukum juga misal, denda atau masa tahanan
[26/03 19:24] Mbak Pita: Kak aku mau tanya apakah di hukum itu dituntut bisa ngomong ?
Enggak harus, tapi kemudian saat kuliah pun enggak hanya di hukum, hampir di semua jurusan memang disarankan bisa public speaking atau ngomong. Tp itu tergantung individu juga~
[26/03 19:24] ‪+62 856-4725-xxxx: Itu masuknya matematika biasa apa statistika hukum ya kak buat yg hitung2an gitu? Semua yg ambil hukum pasti dapet itu apa cm yg ambil matkul tertentu aja yg dapet?
Ini barusan aku konfirmasi sama anak hukum, dia bilang di hukum gak ada matematika dek. Adanya hitungan pajak dek.
[26/03 19:36] galangbagasputra: Kalo hukum ugm sendiri yg masuk banyakan anak ipa apa ips kak?
Sama banyaknya dek katanya temenku :)) Prosentase yg masuk IPA IPS ketika tahunku itu bisa dicek di web SNMPTN saat cek detail jurusan. Tapi utk sekarang kurang tau bisa dicek dimana.

*SEKOLAH VOKASI*
[26/03 19:52] galangbagasputra: Kak, tanya. Yang vokasi, misal lanjut S1 harus ke perguruan tinggi lainnya ya? Why?
Tergantung vokasinya dek Kalo d4 selama di ugm menyediakan s2 yang sejalur, bisa lanjut di ugm. Kalo d3 emg harus ekstensi dulu ke univ lain yang menyediakan program ekstensi. Why? Kebijakan rektorat dek. Mahasiswa 1 ugm udah banyak kapasitas dosen dan tenaga kependidikan harus di sesuaikan juga. Jadi kalau mau ekstensi di sarankan di luar.. kampus mempertimbangkan rasio pengajar juga soalnya. Itu kata salah satu dosen vokasi dek.

*EKONOMIKA DAN BISNIS*
[ [26/03 19:16] ‪+62 812-1395-xxxx: Kalau d manajemen banyak matematikanya nggak kak?
Ada, Dek. Utk FEB, matematika I dan statistik itu wajib. Tapi so far, itu seperti mengulang matematika SMA kok
[26/03 19:18] ‪+62 812-1395-xxxx‬: Tapi matematikanya kayak matematika wajib kan kak?
Nah, matematika ekonomi I. Kalau nanti di akun dan ilmu ekonomi, wajib matematika eknomi II
[26/03 20:09] ‪+62 821-9877-xxxx‬: Kak mau tanya kalo anak ipa mau masuk akuntansi itu kemungkinan diterimanya besar ga?
Banyak yg dr IPA juga sih, Dek.
[26/03 20:22] ‪+62 821-9877-xxxx‬: Terus kalo pelajaran gitu anak ipa ga kalah kan sama anak ips?
[26/03 20:24] galangbagasputra: Kalau di akuntansi pas semester 1 mungkin bisa dibilang anak ips masih unggul dek, soalnya pelajarannya masih ngulangin di sma kalau akuntansinya, kalau semester selanjutnya hampir sama kok dek.
[26/03 20:24] Mbak Pita: Nanti akan survive juga kok meskipun harus belajar akuntansi dr awal -tp tergantung orangnya juga sih-. Tp biasanya yg IPA akan lebih unggul ketika itu mata kuliah hitungan
[26/03 20:24] Siti Kartina: Dari pengalaman temenku yang anak IPA, mereka awalnya bingung dek tapi mereka berusaha menyesuaikan.

*FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK*
[26/03 19:22] Mbak Pita: Buat selamat di HI UGM nilai minimal Toefl berapa kak? Kuliah HI full english apa cuma di mapel” tertentu?
Untuk masalah skor TOEFL, tidak ada batasan tertentu. Karena setiap mahasiswa HI dianggap mampu berbahasa Inggris dengan baik. HI UGM Reguler nggak full english, tetapi lebih dari 90% bahan bacaan pakai bahasa Inggris.

[26/03 21:02] Saintek Sasa : Kalo HI tu kuliahnya gimana kak?
Belajar banyak hal mengenai hubungan antarnegara, mulai dari politik, ekonomi, keamanan, lingkungan, sosial-budaya, sejarah, kesehatan sampai kesejahteraan manusia.
[26/03 21:15] ‪+62 877-3495-xxxx‬: Iya kak sosiologi di ugm…itu gmna?
[26/03 21:16] Siti Kartina: https://drive.google.com/file/d/0BzjDH-S16PeZSFlROURoUUh0YWs/view?usp=docslist_api
Silahkan di download dek mega

*Other*
[26/03 21:06] galangbagasputra: Kak, kalo kartografi dan pengindraan jauh itu di fokuskan ke mapel apa ya?
Balik ke masalah kpj, katanya mbakku mapelnya ttng ipa, gak ada mapel khusus yg dipelajarin. Lebih banyak ke bidang ipanya pokoknya.

Notulensi Bklass Menyapa Soshum (26 Maret 2016)

Leave a Reply